About

Pages

Minggu, 25 September 2016

Alat Yang Dibutuhkan Dalam Permainan Biliar



 Pic Source : Foto Pribadi

A. Glove (Sarung Tangan)
Peralatan yang ini sebenernya ga terlalu dibutuhin oleh pemain billiard. Tidak semua orang yang bermain billiard memakai sarung tangan. Sebagian dari pemain menggunakan bedak sebagai pengganti sarung tangan. Fungsi dari sarung tangan sendiri adalah untuk melancarkan tangan kita dalam mengayun stik dan memukul bola. Karena, terkadang tangan yang basah karena keringat membuat tangan menjadi keset dan membuat kita menjadi tidak nyaman bermain. Untuk masalah penting atau tidak pentingnya peralatan ini, kembali ke diri kita sendiri. Tergantung kita lebih nyaman bermain menggunakan sarung tangan atau tidak.

B. Cue Ball (Bola Putih)
Nah, kalo yang satu ini benar-benar hanya tambahan saja. Karena, untuk kita yang biasa bermain di rumah billiard pun sudah pasti disediakan bola putihnya. Namun, tidak semua bola putih yang dimiliki oleh rumah billiard berkualitas baik. Terkadang bola putih yang dimiliki oleh rumah billiard sudah lama dan kurang terawat, sehingga membuat kita tidak nyaman dalam bermain. Entah bola putihnya itu sudah kotor sehingga membuat jalan bola menjadi tidak prima, sudah banyak yang lecet, dan yang paling tidak enak adalah ketika bola putih sudah tidak benar-benar bulat sehingga membuat jalannya bola menjadi tidak lurus lagi. Nah, oleh karena itu saya membeli bola putih ini, sebenarnya sih hanya buat jaga-jaga saja kalau bola putih yang disediakan rumah billiard sudah tidak bagus lagi.

C. Ultimate tip tool (kiri) dan Chalk (kanan)
Kalau sahabat penikmat billiard sudah memiliki stik sendiri, maka bisa dikatakan wajib hukumnya untuk memiliki ultimate tip tool. Alat ini berfungsi untuk merapikan dan membentuk master tip yang ada pada stik. Master tip pada stik ketika kita sudah pakai terus-menerus akan menjadi terkikis, sehingga akan merubah bentuk master tip itu sendiri, Dari yang seharusnya agak setengah lingkaran pada ujungnya, bisa berubah menjadi rata. Ini juga akan mengganggu permainan kalian. Kalau kalian memiliki alat ini, maka kalian bisa merapikan dan membentuk master tip kalian seperti baru lagi. Cara pakainya pun cukup mudah, hanya tinggal menggesekkan master tip kalian ke alat ini saja, langsung deh master tip menjadi bagus lagi.

Sama halnya seperti bola putih, chalk pun biasanya disediakan oleh rumah billiard. Chalk berfungsi sebagai alat untuk membuat master tip kita menjadi tidak licin. Sehingga, kemungkinan untuk miss cue (meleset saat memukul bola putih) menjadi semakin kecil. Alat ini wajib sekali digunakan, dan seharusnya digunakan setiap kali sebelum memukul bola. Terkadang, chalk yang disediakan oleh rumah billiard memiliki kualitas yang cenderung biasa saja. Ada beberapa merk chalk yang memiliki kualitas yang baik, seperti milik saya sendiri contohnya, yakni merk Blue Diamond. Chalk merk ini biasa dipakai oleh pemain professional. Penting atau tidaknya punya chalk pribadi menurut saya sendiri adalah penting. Karena, terkadang kita menemui rumah billiard yang memiliki chalk yang tidak bagus. Sehingga, kita bisa memakai chalk milik kita sendiri saat kita tidak mendapatkan chalk yang bagus di rumah billiard. Harganya juga terjangkau kok, jadi tidak ada salahnya untuk membeli alat ini.

D. Cue (Stik billiard)
Ini adalah alat yang paling penting guys. Kalau tidak ada stik, pasti kita tidak bisa bermain billiard. Pasti banyak diantara kalian juga yang bertanya-tanya kenapa harus memiliki stik sendiri padahal stik pun disediakan di rumah billiard. Jawabannya adalah gampang sekali, ketika kita memiliki stik sendiri kita akan memahami karakter stik yang kita punya. Sehingga, tidak perlu repot-repot menyesuaikan diri kita dengan stik lagi ketika sedang ingin bermain billiard. Setiap stik memiliki karakter yang berbeda-beda. Bisa dari power, speed, berat, dan lain sebagainya. Stik yang disediakan di rumah billiard pun memiliki karakter yang berbeda-beda semuanya. Selain itu, stik yang saya miliki pun bukan hanya satu, tapi ada tiga buah. Nah, penasaran kan kenapa saya bisa sampai memiliki tiga stik ? Tunggu di post saya selanjutnya yaa!

E. Cue Case (Sarung stik billiard)
Kalau kalian sudah punya stik pribadi, maka kalian juga wajib memiliki cue case. Cue case ini berfungsi sebagai tempat kita menyimpan stik billiard dan juga sebagai tas stik billiard. Cue case memudahkan kita untuk membawa stik kita kemana saja dengan aman tentunya. Jadi, kalau sudah punya stik billiard, jangan sampai lupa untuk punya case nya juga ya guys!



Meja Billiard


pic source : tokomkb.wordpress.com

Bola Billiard
 pic source : www.cuesight.com

Rack / Triangle


Bridge / Rest




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Contoh Tulisan Berjalan
Welcome To My Blog
Diberdayakan oleh Blogger.
Number 26 - Nascar

Blog Archive