About

Pages

Minggu, 25 September 2016

Istilah - Istilah Dalam Biliar



Dalam dunia olah raga dan permainan billiard kita akan sering mendengar atau menggunakan istilah-istilah tertentu  yang digunakan sebagai sebagai penyebutan sesuatu benda,tindakan atau situasi.
Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam lingkungan dan permainan olahraga biliard.stik billiard,billiard,stik biliard,biliard,stik billiar,biliar,meja biliard,meja billiard,cue ball,cue
1. CUE
Adalah tongkat atau stik yang di gunakan sebagai alat penyodok bola dalam permainan billiar yang biasanya terbuat dari kayu atau serat komposit dalam berbagai motif corak dan bentuk.
2. CUE BALL
Adalah bola billiard yang digunakan sebagai bola utama atau bola yang berfungsi sebagai media penghubung antara stik billiard dengan object ball / bola target.
3. OBJECT BALL / POOL BALL
Adalah bola biliard yang menjadi target singgungan dari cue ball untuk diarahkan ke posisi tertentu atau dimasukan ke dalam pocket sebagai tujuan permainan.
4. POCKET
Adalah kantung pada meja billiar yang fungsinya sebagai tempat masuknya bola billiard,pocket pada meja billiard berjumlah enam buah ( 3 buah pada tiap sisinya ) dengan ukuran kurang lebih dua kali diameter bola biliard .
5, CHALK
Adalah perlengkapan yang dipakai untuk melapisi bagian atas (tip) dari stik biliardyang berfungsi agar tidak terjadi slip pada persinggungan antara tip dengan cue ball (missed cue).
6. MISSED CUE
adalah situasi stik billiar terpeleset pada saat melakukan sodokan terhadap cue ball, Karena terpeleset, maka bola sasarannya akan meleset juga atau tidak sesuai yang kita inginkan.
7. SCRATCH
Adalah situasi pada saat cue ball masuk ke dalam pocket atau keluar dari meja. Scratch merupakan foul/kesalahan dalam permainan biliar.
8. SAFETY SHOT
Adalah trik yang dilakukan untuk tujuan bertahan dalam permainan billiard yang dilakukan dengan cara menempatkan bola target/pool ball pemain lawan pada posisi tertentu agar pemain lawan tidak memiliki kesempatan posisi bola yang terbuka.
9. BALL IN HAND
Adalah situasi ketika seorang pemain mendapatkan kesempatan untuk melakukan sodokan bebas / bebas meletakan cue ball pada posisi tertentu,hal ini berlaku jika pemain lawan melakukan kesalahan (foul).
10. BACK SPIN
Adalah situasi saat cue ball yang putaranya berbalik arah, hal ini terjadi karena sodokan stik billiard yang mengenai daerah bagian bawah cue ball. Putaran balik inilah yang akan membuat cue ball kembali ke area semula setelah bersinggungan dengan bola sasaran.
11. DRAW SHOT
Adalah teknik sodokan stik biliard pada cue ball yang menghasilkan efek back spin.
12. ENGLISH SHOT
Adalah teknik sodokan stik bilyar pada cue ball untuk menghasilkan efek spin samping/memutar pada cue ball dan bola target.Teknik ini dilakukan dengan cara menyodok bagian sisi kiri atau kanan dari cue ball, di Indonesia lebih sering digunakan istilah efek.
13. FOLLOW THROUGH SHOT
Adalah teknik sodokan dengan menggunakan ayunan dorong pada titik atas daricue ball. Sodokan ini akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, yang menghasilkan efek cue ball akan terus bergulir maju setelah mengenai bola sasaran.

Sumber : https://pmbilliard.wordpress.com/2010/02/19/istilah-istilah-dalam-billiard/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Contoh Tulisan Berjalan
Welcome To My Blog
Diberdayakan oleh Blogger.
Number 26 - Nascar

Blog Archive